etos kerja tai kebo

haii kembali lagi pemirsahh sekalian. 

setelah lama hilang dari peredaran, gue akhirnya muncul lagi sehingga di tahun ini ada at least satu post yang ditulis hehehe. 

tahun lalu tahun 2016 merupakan tahun yang penuh dengan keluh kesah tawa canda tangis dan cem macem nya. jadi setelah gue akhirnya di ktown selama 9 bulan lamanya, gue memutuskan untuk pulang balik ke perth karna .. satu dan lain hal.

jika mau diceritakan secara gamblang dan vulgar, mungkin gue akan malu ceritainnya karna ini kaya membuka aib gue ndiri. tapi i'd like people who are reading this hopefully bisa ikut berasa petualangan kehidupan gue dan mendapat nilai nilai kehidupan juga hehe.

intinya setelah gue graduate, gue ditawarin pekerjaan jadi guru di kampus di kota di australia barat ini. hidup gue (secara finansial, etos kerja dan gaya hidup gue kira kira bisa dirangkum seperti ini)
  • lumayan kipas kipas duit dengan gaji yang lumayan tinggi buat fresh graduate yang ngga perna kerja kantoran kaya gue ini karna posisi yang lumayan dhuer jadi guru di sinih. 
  • bolak balik liburan naek psawat ke melbourne lah. terus pernah dengan enaknya ganti2 tiket pesawat tanpa cancel flight yang udah di booked - ya udah pesen baru ajah lagi gitu. #emangbangke
  • pesen2 hotel yang aga bagus terus sama bangke nya kaya pesen flight : kalo liat ada hotel lebih bagus - 1. pesen hotel bagusnya 2. can't be bothered untuk cancel bookingan sebelumnya. simply karna : MALES. 
  • sakin ngga menghargai duitnya, gue kaya nya ngga pernah terlalu nabung. makan keluar ampir tiap hari
  • kerjaan gw ga berat sama skali mainly cuma memegang title sebagai unit coordinator dan digaji gede. 
  • mulai kerja mestinya jem 9.00am, tapi 9.30am baru bangun dengan santainya.
  • etos kerja buruk: kerja males malesan, ngga tanggung jawab, kabur ke rumah pas lunch time terus ga balik lagi karna ada kantor sendiri juga.
Pada saat itu gue bingung kenapa Tuhan begitu baiknya sama gue dengan cara hidup gue yang kaya begini. macem take it for granted kerjaan ini. 

sampailah disaat dimana pada saat itu TR gue abis dan gue harus balik indo karna lagi nunggu invitation PR. pas balik indo gue sempet mo buka usaha dan keluarin duit yang ada di tabungan - ya semakin lama semakin menipis. dan akhirnya bokap bilang kenapa ga ambil aja skolah patisserie di tafe yang penting gw bisa balik dulu de ke ostrali. dan akhirnya gue menyetujui karna gue pikir i've always wanted to open my own business - kaya kafe2an gitu.

sampailah gue di perth lagi dan sekolah patisserie. Tuhan masih baik karna gue masih diperbolehkan untuk dapet part time job ngajar selagi gue sekolah kue. along the way gue juga diterima di salah satu bakery ini sebagai baker. singkat cerita, bos gue pernah kecewa berat sama gue karna gue telat beribu ribu kali pedahal dia awalnya simpatik banget sama cara kerja gue gitu. brak. ancur lah dan kepercayaan itu kayanya ga bisa dengan mudah nya di earn back dengan cara minta maaf. 

disitu gue udah mengecewakan si bos yang tadinya begitu baik, dan akhirnya gw udah dapet kerjaan di karratha di sebuah bakery. karna banyak hal terjadi di kehidupan gue, I thought gue butuh sesuatu yang baru, pengen coba something new dan hidup sendiri dari awal.

sampailah gw di karratha.

disini hidup sungguh sangat amat keras. yang mengharuskan gue untuk jadi baker di salah satu bakery di sana. (or more like satu satunya bakery di karratha). gue disini bukan karna gaji gede - banyak orang yang mengira bahwa gaji di mining site lebih gede. not for a baker. hehe.

kalo bisa di rangkum kehidupan kerja gue adalah demikian:
  • bangun jem 3:30am buat kerja jem 4am
  • jarak rumah ke bakery itu kira2 2 menit kalo naek mobil, dan 5 menit kalo lo lari ngibrit dikejar abo. tapi karna gue manja jadi gue naek mobil aja.
  • ... abis itu ga bisa naek mobil karna 2 minggu gw disana, gw ran into a pole, yang bikin mobil gw ga driveable selama sebulan, dan gue harus bayar sekitar $1500 buat biaya benerinnya.
  • ... jadi selama sebulan gw harus lari ngibrit dengan suasana gelap-serem-banyak-abo situation yang lumayan mengenaskan. 
  • kalo pulang dari bakery karna uda siang sekitar jam 3pm gitu, jadi gue tetep lari juga, tapi dikejar laler. 
  • kerjaan disana gue dikepalai oleh satu head baker yang super duper ga friendly, suka swearing2, dan treat the employees kaya makanan basi.
  • tiap selasa, delivery days, gw angkat 100 karung tepung terigu. kalo gw ilustrasikan. bayangkan anda di timpuk terigu 25 kg, tapi ini lo disuru tangkep. dan 100x satu hari itu. itu terulang terus tiap minggu. brotot brotot de.
  • bersihin proofer ( dah kaya bersihin kandang kuda, bau banget dan super lembab)
  • angkat dough roti seberat 15 kg bolak balik, kalo lambat dikit ato roti lo mencang mencong dikit dimarahinnya udah kaya abis salah bikin undang undang negara.
  • oven days: sebagai barang bukti macem TKW abis disiksa sama majikan. gue banyak banget luka luka bakar akibat sering maen di oven. bukannya teledor juga, tapi emang sungguh challenging bagi gue saat itu. oven segede rumah. jadi ya. gede.
  • bayar rent nya mahal jadi gue basically barely ada sisa untuk nabung juga. intinya ini ga monetary rewarding.
  • hiburan gue pada saat itu adalah ke pantai dan ke kmart. 
  • ga jarang gue pulang rumah breakdown dan nangis pengen pulang. ya kira2 sebulan 7x lah. 

begitu kehidupan gue kira kira di ktown. bisa dibayangkan betapa 'terkesan' menderitanya dibandingkan kehidupan gue sebelomnya yang suka hambur2 duit. coba bayangkan misalnya apa yang orang bakal pikirkan 'idih ini orang dulu jadi lecturer kok skarang jadi babu'. 

tapi detik ini, dan saat sekarang ini apakah gue menyesal? jawabannya adalah engga bangeett. dan I'm glad Tuhan naroh gue di tempat yang tinggi terus dibanting ke - hmm kubangan kebo or more like sumur dalem yang isinya, again - tai kebo. Dia memberikan gue kesempatan di 2 extremes yang berbeda pastinya karna Doi sayang banget banget sama gue - banyak banget pembelajaran yang membuat gue menjadi a better version of myself :) 

.....

bersambung 

Comments

  1. AJIBBBBBB! Hahaha ngakak baca postingan lu. Kebayang hina nya jadi baker, itulah alasan mengapa saya keluar dari dunia per-baking-an. Hehe but yeahh seperti yg lu bilang, every part in our lives gak ada yg pernah salah. Itu dipakai Tuhan untuk membentuk kita menjadi kueh yg mengembang, empuk dan lembut seperti pantat bayik.

    Lanjutin blog nya lagi dong mbakkk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts