Hidup = Proses mencari

Siapa bilang hidup adalah sesuatu yang harus direncanakan dengan pasti?
Siapa bilang hidup adalah sesuatu yang harus dipikirkan dari jauh-jauh hari?
Pertanyaannya adalah, apakah ada suatu korelasi positif antara perencanaan hidup dan tingkat kesuksesan kita di masa depan?


Jawabannya: Mungkin iya mungkin enggak.


Semua orang (normal) di dunia ini cenderung untuk membuat segala perencanaan hidup sedemikian rupa, sehingga, kalau bahasa nya papa saya, nggak jadi "blangsak" di masa depan.

Hidup yang sempurna dan sukses kalau kata beberapa orang ya harus direncanakan dengan matang. Sedini mungkin kamu punya rencana dalam hidup kamu, misalnya dari kecil udah kepingin jadi dokter, atau jadi tukang tambal ban sekalipun - pokoknya yang judulnya "direncanakan", pasti lebih baik jadinya daripada yang aimless dan nggak tau mau jalan ke arah mana.

Punya rencana, abis kuliah mau ngapain. Mau kerja dimana. Lebih bagus lagi kalau apply kerja dari awal-awal sebelum lulus sehingga kalau baru sudah lulus, LANGSUNG diterima kerja dan mencari nafkah. ITULAH hidup yang sempurna. Apakah benar?

Mungkin itu yang menjadi cita-cita dari semua orang. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang enggak punya "hoki" sebagus itu?

Kalau menurut saya, enggak semua orang punya jalan se "cepat" dan se "pintas" itu.
Kita manusia sudah diciptakan masing-masing dengan jalan yang Tuhan siapkan masing-masing. Mungkin jalan segelintir orang lebih panjang dan berliku untuk menuju kesuksesan. Yang diuji dari kita adalah, seberapa tekun kita menuju kesuksesan tersebut.

Banyak orang yang merintis karier dari awal dan susah banget, dan pada akhirnya dia menjadi sukses, dia sangat amat appreciate apa yang sudah dia capai. Karena semua itu berkat usaha, kerja keras, pengalaman di tolak dimana-mana, dan tentunya DOA yang luar biasa kencangnya.

Banyak juga orang yang merintis karier langsung dengan mudahnya mendapat pekerjaan, karena dengan gampangnya, orang tersebut jadi mudah bosan dengan pekerjaan, atau kalau sudah naik di posisi atas, dan tiba-tiba TERJATUH, dia menjadi down dan SUSAH untuk naik lagi. Karena KEBIASAAN di posisi atas. Well, ada juga yang enggak seperti itu.


Intinya, jangan menyerah. Jangan kecewa kalau kita nampaknya belum seberuntung orang lain sekarang.

Hidup adalah suatu proses pencarian. Mencari dan mencari.
Hidup penuh dengan pilihan. Memilih dan memilih.

Kita nggak akan pernah tau apakah pilihan kita tepat buat kita.
Kita nggak akan pernah mendapatkan hint yang jelas apakah jalan yang kita ambil ini yang akan menjadi yang terbaik buat kita, dan menjadikan kita sukses pada akhirnya.

Seringkali pikiran kita dipenuhi dengan kekhawatiran berlebihan, yang menjadikan kita stress sendiri, atau barangkali marah-marah sama Tuhan kenapa nggak pernah ya Tuhan memberikan kamu SMS berbunyi, "Anakku, kamu harus pulang Indo aja baru sukses. Cari orang yang bernama Tak Jin Jun, dia akan memberikan kamu kesuksesan sampai tujuh turunan." Ya elaaaaah, yah enggak mungkin lah ya. Begitulah kecenderungan manusia, termasuk saya ini lho, yang mengharapkan semua nya serba instan.

Tuhan kadang kita jadikan sebagai mesin ATM yang kalau mau minta Hint, minta petunjuk, minta duit, minta istri, minta pacar. Kalau saya jadi Tuhan mungkin ya BT juga kali ya, kenapa kaga ada usaha nya yah ni manusia, apa-apa minta Gueee. Gitu kali ya hahaha.

Mungkin Tuhan mengharapkan kita untuk PERCAYA 100% sama DIA. Kan kita tau dan percaya, kalau TUHAN sayang sama kita. Andai saja manusia berharap dan percaya 100% sama Tuhan, pasti apapun keputusan yang kita ambil, Tuhan berkati. Atau bila kita salah mengambil keputusan sekalipun, pasti Tuhan nggak akan membiarkan kita; Dia akan membelokkan jalan kita yang salah ke arah yang benar sesuai dengan kehendak-Nya. Tapi, apakah kita udah punya kepercayaan 100 persen sama Tuhan? Rasanya kok belum ya.


Kalau kita masih bimbang, bingung, galau memikirkan masa depan, ITU HAL YANG WAJAR. Again, hidup adalah proses mencari. Nikmati lah proses tersebut. Banyak hal-hal positif yang akan kita pelajari selama proses pencarian ini. Hidup tidak melulu adalah sesuatu yang harus berjalan sesempurna dengan rencana dan sesuai keinginan. Kan manusia boleh berencana, tapi tetap Tuhan yang menentukan toh?

Bukan discourage orang untuk merencanakan hidup, ENGGAK lho. Tapi lebih ke arah jangan putus asa dan malah jadi bermuram durja yang bikin keriput kalo memang hidup belum sesuai dengan keinginan kita.

Terus berdoa. Terus berusaha.


Comments

  1. lin, bagus banget! bener2 yg gw butuhkan saat ini, masa2 menjelang akhir kuliah menuju lulus dimana ga tau musti kemana idup abis ini.. rencana memang cm rencana, pd akhirnya hasil ga selalu sesuai yg diinginkan, tp percaya aja Tuhan selalu kasih yg terbaik buat kita..

    ReplyDelete
  2. Benar Nak Brenda. Dan sepertinya, Tuhan mau kamu ke Perth lho Nak. (kekekekekekek.....)

    ReplyDelete
  3. Bren siapa tau ntar kalau kita ke S***di***** (God willing), lu kecantol Bren ama royal disana, terus hidup bahagia selamanya.

    Maap ngaco.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts