Detik sebelum tahun baru : Bikin Baso Ayam

Happy New Year buat semua pembaca! Walaupun basi dan sudah lewat 8 hari, tapi semoga semangat tahun baru masih membara di hati kalian semua. Hehehe!

Tahun baru kali ini saya spend bersama Dennis & fam dan kakak di Perth. New year's eve dinner di rumah Dennis dengan lauk makanan 7 rupa (lebih!) atau rupa rupa, yang dimasak sama Mama nya Dennis. Maknyiuuus lhooo. *seraya rogoh-rogoh lipitor*

Nah, karena merasa bersalah, dapet undangan dinner kok nggak kontribusi apa-apa, akhirnya saya berencana bikin sesuatu, yaitu baso ayam keju yang saya adapt dari resep nya Farah Quinn, gara2 ngeliat si Embak ini nge post video nya farah Quinn di facebook. Hahahaha thanks ya Chinkkk gw jadi ada inspirasyong.

IMG_9398
Hiyak, pertama-tama, potong kecil2 bawang putih. Ini bagian yang paling menyebalkan karena bikin satu rumah bau bawang.

IMG_9402
Kedua, siapkan daging ayam giling dan babi giling (optional). Masukkan garam, merica secukupnya, beserta garlic yang sudah dicincang (sebagian aja yah garlic nya). Remas dengan penuh cinta sampai rata.

IMG_9403
Siapkan keju, potong kecil-kecil seperti ini.

IMG_9431
IMG_9429
Ambil adonan satu sendok dan agak pipihkan dengan sendok (anda perlu dua sendok buat jadiin basonya bunder bola bola), masukkan satu keju dan satu jamur (kalau Farah Quinn pakai kacang mete). Tutup, dan bikin bunder2 sendiri dengan sendok.

IMG_9406
Untuk kuah baso: Masukkan air panas ke dalam panci, masukkan kemiri, garlic dan kemiri yang sudah ditumis sejenak, lalu masukkan kaldu sapi dan kecap asin. Setelah agak2 mendidih, ya boleh dah masukkan garem lada sesuai selera.

IMG_9464
Nah, untuk ngerebus baso, panci nya beda lagi. Rebus baso sampai matang dan ngambang sendiri ya di air. Kalau udah matang yo angkat! Moso di tinggal.

IMG_9437

Taraaa! Basonya sudah jadi, walaupun agak mirip seperti muka saya bentuk basonya, bulet bulet tidak halus gitu, tapi ya lumayan berhasil. Ngerebus nya jangan terlalu sebentar dan kelamaan, kalau sebentar daging dalemnya masih rada merah, kalau terlalu lama, keju yang di dalem baso bisa mencair.

Selamat mencoba, dan selamat tahun baru!

Photo credit: Adi Indra


Comments

  1. eh jadinya enak ga lin?

    btw thanks yaa sudah menyelipkan saya di postingan kamu iniii :3 aku jadi terharu... smoga resolusi kita di taon ini bisa terlaksana! fufufufufu

    ReplyDelete
  2. L1nc|-\5555.. itu g pake tepung ya?

    ReplyDelete
  3. Resepnya mantep boleh dicoba nih.. Thanks yah Lin (: Keep blogging! ((:

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts