Have you ever had your cholesterol checked?

Bagi yang belum pernah cek kolesterol, gue sangat menyarankan kalau kalian sesekali cek deh, lemak total dalam darah. Disarankan sih setiap 3-5 tahun, tapi memang yah, babe gue adalah orang yang sangat memperhatikan kesehatan anak-anaknya, jadi nya setiap setahun sekali kita sekeluarga pasti di suruh cek gula, lemak, SGPT dan SGOT dan lain-lain.

Menurut informasi sih, kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan lemak menumpuk di dinding pembuluh darah, makanya nggak heran banyak yang baru umur 30-an udah dipasang ring di pembuluh darahnya, karena yah itu, numpuk lemak.

Kadang banyak yang salah persepsi; orang males cek dan take it for granted badan yang udah kurus atau normal, dengan makan makanan yang berlemak dan males olahraga. Pedahal nggak gitu loh, semua orang dapet chance yang sama tidak mengenal kurus gembrot, semuanya at the same risk. Ngeri kan kalau kita yang masih muda-muda udah tiba-tiba collapse kena heart attack? Makanya sebelum terlambat ada baiknya kalau kita cek kolesterol sejak dini, kalau hasilnya bagus, kan artinya lampu hijau untuk makan sedikit brutal. *ehemjanganpercaya*

Kenapa gue membahas tentang kolesterol hari ini, karena baru tadi sore gue baru dapet hasil kolesterol gue yang ternyata-- JENG JENG- agak buruk.

iya rada buruk.


Aduhhh hancur hatiku. Emang sih gue yakin ini gara-gara lifestyle gue yang kurang baik di 6 bulan terakhir. Semester kemaren gue berhenti gym dan kerjaan nya tiap hari beli bubble tea, duduk, makan di luar melulu, jarang bergerak, dan duduk di depan komputer kerjain tugas, ngemil dan lain-lain.

Aduh janji deh janji janji semester depan mulai nge gym lagi, masak dan makan di rumah dan makan lebih sehat lagi. Ada tips dari seorang dokter, kata nya cara menurunkan kolesterol adalah menghindari atau kurangi makanan dan minuman berminyak: contohnya jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan (WADUH SULIT NIH), daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula. Terus jangan lupa OLAHRAGA. Olahraga yang efektif adalah minimum 20 menit. Karena olahraga 20 menit pertama yang dibakar adalah energi dari karbohidrat, 20 menit ke atas, yang dibakar baru deh lemak. Yang ketiga, konsumsi buah sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Teman-man teman yang budiman,

yuk cek darah yuk yuk yuk, tapi kalau udah di cek, jangan lupa ya dijaga makannya biar selalu sehat sampe tua dan melihat cucu kalian menikah. hehehehe!


Comments

  1. Wahhh aku jadualin setahun sekali check up. Aku check up di spore sih , sekalian emang routine dijadualin dokternya. Di Jakarta lama, suka ga efisien pula. Bener tuh, harus check up, soalnya kita gak pernah tau sih... apalagi jaman sekarang pola hidup serba instant. Gak beres deh, makan jadi penuh SODIUM! alias garam yang dipake jg sebagai pengawet..hiyyy..

    ReplyDelete
  2. bener tuh mesti setahun sekali ya, jadi kalau ada apa2 bisa langsung take action. iya serem ya jaman sekarang, mau makan apa2 serem sebenernya, apalagi gaya hidup makan di luar, kan kita nggak pernah tau bahan2nya. hiiiy, lama2 makan sendal aja deh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts